“Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat kecuali bagi orang-orang yang khusyu’, (yaitu) orang-orang yang meyakini bahwa mereka akan menemui Tuhannya dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya”. (Al-Baqarah: 45-46)

Jumat, 18 Oktober 2013

G E R H A N A B U L A N 19 Oktober 2013



WASHINGTON - Astronom menantikan kehadiran gerhana bulan sebagian yang diprediksi jatuh pada 18 Oktober 2013. Dinamakan 'penumbral lunar eclipse', para penduduk Bumi bisa melihat bulan yang tampak gelap remang di sebagian areanya.



 

Dilansir Skyandtelescope, Senin (14/10/2013), gerhana bulan bisa disaksikan pertama kali di langit malam wilayah Karibia dan Amerika Selatan. Sementara di Eropa dan Afrika, fenomena ini muncul pada dini hari. Sementara di Asia Selatan, gerhana bulan ini tampil sebelum atau selama fajar pada 19 Oktober 2013.



 

Wikipedia menerangkan, penumbra adalah bayangan kabur yang terjadi pada saat gerhana atau terjadinya bayangan pada benda gelap. Berdasarkan catatan astronomi, peneliti pernah mengamati gerhana bulan penumbra pada 28 November 2012.



Gerhana Bulan Penumbra tadi mungkin akan terlihat seperti sedang tidak terjadi gerhana, apalagi jika hanya diamati dengan mata telanjang, Bulan akan tetap terlihat cemerlang. Tapi jika kamu mengamatinya dengan menggunakan teleskop, gerhana bulan penumbra ini bisa teramati dengan jelas.

 

 

 

 

 

Di Indonesia, hanya orang-orang yang berada di pulau Sumatra, Jawa dan Kalimantan saja yang bisa mengamati seperti pada foto yang dirilis salah satu astronom Indonesia, Bapak Ma'rufin Sudibyo di bawah ini :




Gerhana Bulan Penumbra ini akan berakhir saat Matahari terbit di wilayah Indonesia bagian timur. Puncak gerhana tadi terjadi pada pukul 06.50WIB


Di Aceh, gerhana bisa diamati mulai pukul 04.55 WIB hingga saat Matahari terbit pada pukul 06.25 WIB, total waktu 90 menit. Sementara di wilayah lain, misalnya Jakarta, gerhana hanya bisa disaksikan dalam waktu 35 menit, dari pukul 04.55 WIB hingga 05.30 WIB.



Tidak ada komentar: